Home » Profil

Profil

Universitas Widyatama yang dikelola oleh Yayasan Widyatama, pada awalnya bernama Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan Program Studi Strata Satu (S1) Akuntansi yang didirikan pada tahun 1973. Berkat landasan yang kuat dan visi yang jelas, lembaga ini terus berkembang. Hasilnya, peminat masyarakat yang ingin studi di IAB terus meningkat, sehingga pada tahun 1979 berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dan jurusan akuntansi (S1).

Untuk melengkapi jenjang yang ada, pada tahun 1995 Yayasan Widyatama membuka Program Diploma 3 Jurusan Manajemen dan Akuntansi. Tahun 2001 dibentuklah Universitas Widyatama yang terdiri 4 Fakultas yang terdiri dari Fakultas Ekonomi, Fakultas Bisnis & Manajemen, Fakultas Teknik, Fakultas Bahasa dan Fakultas Desain Komunikasi Visual. Program Studi akuntansi berada di Fakultas Ekonomi.

Pengembangan kurikulum Fakultas Ekonomi UTama, dilandasi oleh pemikiran filosofis/konseptual serta yuridis formal yang saling terkait. Keberadaan tenaga-tenaga profesional di bidang Akuntasi merupakan penunjang utama pertumbuhan serta keamanan perekonomian suatu bangsa. Oleh karena itu program pembinaan mahasiswa untuk menjadi tenaga yang professional dalam bidang akuntasi perlu dikemas dalam suatu kurikulum yang memungkinkan mahasiswa mencapai apa yang diharapkannya.beberapa keungulan selain kurikulum yakni Lingkungan kampus yang kondusif, dapat diciptakan salah satunya dengan ketersediaan sarana. Adapun sarana yang tersedia adalah ruang kelas, ruang seminar, ruang theater, laboratorium, ruang rapat. Selain itu terdapat juga mesjid, sarana budaya, food-court, dan klinik serta untuk mendukung hobi atau kegiatan mahasiswa, selain itu juga terdapat lapangan olah raga (GOR dan lapangan basket). Untuk kegiatan ke mahasiswaan, tersedia gedung student center. Direncanakan akan disediakan area olahraga outdoor yang merupakan milik universitas dilahan yang sudah tersedia. Program Studi Akuntansi DIII saat ini telah dilengkapi dengan infrastruktur penunjang Proses Belajar Mengajar (PBM) yang meliputi antara lain perpustakaan, jaringan komputer dan internet. Selain itu untuk menunjang pembelajaran dan tugas akhir disediakan bahan-bahan pustaka, jurnal-jurnal, makalah-makalah, serta jurnal elektronik yang dapat diakses oleh dosen maupun mahasiswa dimanapun dan kapan pun. Ketersediaan fasilitas ini memudahkan mahasiswa dan dosen baik dalam proses pembelajaran maupun penelitian.