Home » Profil Singkat

Profil Singkat

Sambutan Ketua Program Studi

Sendi Gusnandar Arnan, S.E., M.M., Ak., CA Ketua Prodi Akuntansi D3

Assalamualaikum Wr. Wb,

Salam sejahtera untuk kita semua,

Perkenankan saya selaku ketua program studi akuntansi diploma 3 (tiga) fakultas ekonomi universitas widyatama, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh mahasiswa, orangtua, dosen, karyawan, alumni, dunia usaha, serta para stakeholder atas kepercayaannya untuk senantiasa menjalankan amanah mencerdaskan kehidupan bangsa. Program studi akuntansi diploma 3 (tiga) berupaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan berkualitas khususnya bidang akuntansi yang mampu bersaing, berbudi luhur, dan mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan global. Semoga apa yang dicita-citakan oleh kita semua dapat terwujud dengan baik.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Sejarah

Universitas Widyatama yang dikelola oleh Yayasan Widyatama, pada awalnya bernama Institut Akuntansi Bandung (IAB) dengan program studi strata satu (S1) akuntansi yang didirikan pada tahun 1973. Berkat landasan yang kuat dan visi yang jelas, lembaga ini terus berkembang. Hasilnya, peminat masyarakat yang untuk studi di IAB terus meningkat, sehingga pada tahun 1979 berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB) dan jurusan akuntansi (S1).

Untuk melengkapi jenjang yang ada, pada tahun 1995 Yayasan Widyatama membuka program diploma 3 (tiga) jurusan manajemen dan akuntansi. Tahun 2001 dibentuklah Universitas Widyatama yang terdiri 4 (empat) fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi, fakultas bisnis & manajemen, fakultas teknik, fakultas bahasa dan fakultas desain komunikasi visual. Program studi akuntansi berada di bawah fakultas ekonomi.

 

Visi

Menjadi program studi diploma 3 (tiga) yang menghasilkan ahli madya profesional dibidang akuntansi yang mampu bersaing di tingkat nasional pada tahun 2020, berbudi luhur, senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu menyesuaikan diri dalam lingkungan global.

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan program diploma 3 (tiga) akuntansi yang bermutu tinggi.
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran bermutu tinggi untuk menghasilkan ahli madya yang profesional di bidang akuntansi dan berbudi luhur.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan bidang akuntansi.
  • Menciptakan budaya akademik yang kondusif di bidang akuntansi dan bisnis.
  • Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi penyelenggaraan pendidikan dengan kebutuhan profesi akuntansi.

 

Tujuan

  • Terselenggaranya proses pembelajaran yang bermutu tinggi.
  • Tercapainya peningkatan berkesinambungan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung pengembangan dan aplikasi ilmu pengetahuan dibidang akuntansi dan bisnis.
  • Tercapainya peningkatan kapabilitas sumber daya tenaga edukatif.
  • Terciptanya suasana akademik yang kondusif dibidang akuntansi dan bisnis.
  • Terlaksananya kerjasama antar institusi yang mendukung terciptanya keterkaitan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan profesi akuntansi.

 

Sasaran

Sasaran program studi mengacu kepada sasaran mutu universitas, yaitu

  • Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa lulus tepat waktu 7 (tujuh) semester dan IPK minimal 2.75
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan mempunyai score EPT minimal 450.
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan menguasai aplikasi komputer dengan nilai minimal B.