Kegunaan MBKM? Apakah Berdampak Positif atau Tidak

Kegunaan MBKM? Apakah Berdampak Positif atau Tidak

Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) adalah suatu program yang memiliki manfaat positif bagi mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi negri maupun swasta.

Dengan mengikuti MBKM ini, mahasiswa bisa melatih diri sendiri untuk memiliki kompetensi, kejujuran, maupun tanggung jawab yang berguna untuk bekal kelulusan mencari pekerjaan. Program yang ditawarkan pemerintah dengan antusias yang tinggi dari mahasiswa adalah magang.

Magang ini disediakan dengan berbagai pilihan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Dengan artian pemerintah semakin memerdekakan para mahasiswa bebas memilih tempat magang yang diinginkan, bisa memilih posisi atau jabatan sesuai jurusan dan bisa juga memilih lokasi dekat rumah, luar kota bahkan luar pulau. Selain program MBKM magang, mahasiswa juga dapat mengambil mata kuliah dari lintas prodi.

Pengambilan mata kuliah dilintas prodi semenjak resminya MBKM dengan nama program Studi Independen mampu membuat ketertarikan mahasiswa yang haus akan ilmu. Tentu saja kesempatan ini tidak disia-siakan, karena dengan adanya mata kuliah diluar prodi ini dapat menambah wawasan, kreatifitas, bahkan teman baru lintas prodi.

Bukan hanya lintas prodi didalam kampus saja (internal), program yang disediakan dapat digunakan untuk eksternal antar kampus. Mahasiswa bisa mengambil mata kuliah di kampus lain sesuai dengan jurusannya maupun kampus lain bisa memasukan mahasiswanya kedalam kampus yang dihuni mahasiswa tersebut.

Keuntungan program MBKM lainnya bagi pihak kampus adalah dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dari kampus tersebut, sehingga kampus tersebut dapat bersaing juga dengan kampus lainnya dalam menciptakan mahasiswa-mahasiswi yang berpengetahuan luas dan siap terjun dalam dunia kerja.

Manfaat ini juga paling besar dirasakan oleh mahasiwa-mahasiswi dalam pembelajarannya dikarenakan diadakannya beberapa seminar atau sharing session diluar jam kuliah.

Sharing session ini merupakan ajang dimana kita dapat menambah ilmu baru atau memperdalam materi yang sudah kita pelajari sebelumnya, sehingga kita lebih paham dan menguasai materi tersebut.

Program ini juga bermanfaat dalam memperluas relasi antar kampus dalam naungan pemerintah, dalam artian kita dapat menambah teman dari kampus lain pada saat magang dan kegiatan kampus semacamnya.