TINGKATKAN KUALITAS, PRODI AKUNTANSI D3 MEMBUKA SERTIFIKASI TEKNISI AKUNTANSI MUDA MELALUI LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI (LSP) UNIVERSITAS WIDYATAMA

Bandung, 20 Maret 2021. Untuk meningkatkan Kualitas lulusannya, Prodi Akuntansi D3 Universitas Widyatama akan membuka Sertifikasi Teknisi Akuntansi Muda. Sertifikasi ini berada di bawah LSP Universitas Widyatama dengan izin dari Badan Nasional Sertfikasi profesi (BNSP). Rencananya uji sertifikasi teknisi Akutansi muda ini akan di mulai di semester genap 2020-2021.

Menurut Ketua Program Studi Akuntansi D3, Sendi Gusnandar Arnan, S.E., M.M Ak, CA. Kebutuhan pasar untuk lulusan akuntansi D3 masih tinggi, kompetensi lulusan sangat diperlukan dunia usaha, sehingga diperlukan sertifikasi teknisi akuntansi sebagai pendamping ijazah. Sertifikasi untuk mahasiswa D3 akuntansi dapat dimulai di level teknisi Akuntansi muda.

Tujuan sertifikasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas serta kemampuan yang dimiliki oleh calon lulusan Ahli Madya Akuntansi agar dapat dinyatakan kompeten dalam melaksanakan pekerjaan Akuntansi. Sertifkasi ini hanya ada 2 (dua) penilaian yakni Kompeten dan Belum Kompeten.

Untuk sertifikasi teknisi akuntansi sendiri terdapat 5 level, yakni teknisi Akuntansi Pratama, Teknisi Akuntansi Yunior, Teknisi Akuntansi Muda, teknisi Akuntansi madya, dan teknisi Akuntansi Ahli. LSP universitas widyatama rencana akan mebuka 3 level untuk akuntansi yakni Teknisi Akuntansi Muda, Teknisi Akuntansi Madya dan teknisi Akuntansi Ahli.

Untuk level sertifikasi teknisi akuntansi yang dapat ditempuh oleh mahasiswa D3 dapat dimulai di level teknisi akuntansi muda dulu lalu kemudian dapat ditingkatkan ke level teknisi Akuntansi Muda dan Teknisi Akuntansi Ahli.

Sebelumnya, LSP universitas Widyatama mengadakan pelatihan Asesor untuk memenuhi kebutuhan sertifikasi. Sertifikasi Asesor ini dilaksanakan oleh BNSP. Untuk teknisi akuntansi muda LSP universitas Widyatama mengirimkan 9 (Sembilan) orang dosen untuk menjadi Asesor LSP Universitas widyatama.

Untuk sertifikasi Teknisi Akuntansi muda, Madya dan Ahli masing-masing mempunyai 3 (tiga) Asesor LSP. Dimana semua Asesor LSP Universitas Widyatama untuk Skema Teknisi Akuntansi ini telah mendapatkan lisensi dari BNSP.